Saham Unit Mobile Softbank Anjlok di Hari IPO

Saham Unit Mobile Softbank Anjlok di Hari IPO

Rabu, 19 Desember 2018 11:38:20 WIB

Saham anak usaha perusahaan raksasa telekomunikasi Jepang, Softbank diperdagangkan jauh di bawah harga penawaran perdana saham atau IPO (Initial Public Offering) pada hari Rabu dalam debut mengecewakan di pasar saham Tokyo meskipun meningkatkan jumlah rekor.

Seorang juru bicara perusahaan menegaskan telah meraih dana IPO sekitar 2,65 triliun yen atau $23,6 miliar, menjadikannya sebagai IPO terbesar sepanjang sejarah bursa saham Jepang, tetapi saham dibuka pada 1.463 yen ($ 13), turun dari harga IPO 1.500 yen.

Saham kemudian merosot lebih dalam di pertengahan sesi, turun hingga 10 persen ke level terendah 1.344 yen. Unit mobile dari Softbank ini menjual 1,76 miliar saham, yang mewakili lebih dari sepertiga perusahaan.

IPO yang memecahkan rekor di Jepang ini merupakan bagian dari strategi bos Softbank Masayoshi Son untuk mengubah SoftBank dari perusahaan telekomunikasi berbasis Jepang menjadi perusahaan investasi teknologi tinggi global.

IPO akan membantu meningkatkan dana tunai untuk SoftBank Vision Fund bernilai sekitar $ 100 miliar dimana venture capital ini telah mengakuisisi beberapa perusahaan teknologi terbesar, termasuk Uber, Slack, WeWork dan Nvidia.

Penurunan harga saham ini muncul setelah episode memalukan awal bulan ini ketika puluhan juta pelanggan operator telepon seluler SoftBank dan O2 operator Inggris tidak dapat mengakses data karena kesalahan dengan perangkat lunak yang dibuat oleh Ericsson Swedia.

Salah satu pelaku pasar dari perusahaan sekuritas, yang menolak disebutkan namanya, menambahkan bahwa timing IPO unit mobile ini tidak pas.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search