Selamatkan Paus, Aktivis Beli Saham SeaWorld

Selamatkan Paus, Aktivis Beli Saham SeaWorld

Kamis, 25 April 2013 10:27:50 WIB

Monexnews - Berbagai cara diupayakan oleh aktivis lingkungan untuk menyelamatkan populasi hewan langka. Tidak terkecuali dengan menggelontorkan uang banyak di lantai bursa dengan tujuan yang tidak biasa.

People for Ethical Treatment of Animals (PETA) merupakan organisasi penyelamat hewan langka yang jaringannya tersebar di seluruh dunia. Jika biasanya institusi sosial ini melakukan aksi protes dengan cara-cara ekstrim, tidak demikian halnya di Amerika. PETA diketahui membeli saham SeaWorld (SHAMU) saat penawaran saham perdananya (IPO) tanggal 19 April lalu. Total dana yang dikucurkan memang hanya $2,273.70 atau setara 80 unit saham, namun pesan yang mereka berikan cukup jelas yakni kampanye menyelamatkan paus langka.

SeaWorld mempunyai objek wisata andalan paus bernama Corky. Hewan ini masuk dalam spesies paus yang dimiliki oleh operator SeaWorld Entertainment, yang dikenal langka di seluruh dunia. SeaWorld sendiri memiliki 3 ekor paus sejenis yang 'bekerja' menghibur pengunjung di 3 lokasi berbeda. PETA memang membutuhkan saham minimal sebesar itu untuk bisa kebagian jatah kursi di RUPS sehingga perwakilannya mempunyai hak suara atas kebijakan SeaWorld. Tujuan akhirnya adalah untuk membebaskan Corky dan spesies laut lain, yang selama 44 tahun dikekang oleh korporasi hiburan ini sebagai komoditi pertunjukan.

"Pertama kalinya kami investasi bisnis demi pembebasan paus-paus itu," ujar Fred Jacobs, juru bicara PETA. Ia ingin organisasinya berperan mendidik pemegang saham lain tentang betapa pentingnya membebaskan binatang-binatang langka dari jeratan bisnis pertunjukan komersial. Menurutnya, paus dan hiu yang berada dalam penangkaran SeaWorld kehilangan hak untuk bergabung dengan keluarga dan harus hidup tersiksa dalam tanki besar. Penangkaran dalam waktu lama diyakini dapat membuat stress dan memicu penyakit-penyakit lainnya. Pembelian saham tersebut merupakan satu dari 3 strategi utama PETA untuk menyelamatkan lingkungan selain aksi protes dan menentang bahaya. Harga saham SEAS diperdagangkan pada level $32.47 atau turun 1,16% semalam.

(dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search