Starbucks Gigih Pertahankan Dominasi Pasar Coffe Shop di China

Starbucks Gigih Pertahankan Dominasi Pasar Coffe Shop di China

Jum'at, 08 Februari 2019 16:11:26 WIB

Starbucks Corp (kode ticker: SBUX) tidak mungkin menyerahkan posisi terdepan di China, pasar utama perusahaan yang paling cepat berkembang, ke pesaingnya yang merupakan startup asal China, Luckin pada 2019 ini, CEO Starbucks Kevin Johnson mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Kamis.

Starbucks yang berbasis di Seattle, rantai coffee shop terbesar di dunia, telah membangun bisnisnya di ekonomi terbesar kedua di dunia selama beberapa dekade terakhir, sementara Luckin baru saja diluncurkan pada awal tahun lalu, berkembang pesat dengan fokus pada teknologi dan diskon besar walau membawa kerugian pada perusahaan.

"Saya pikir itu tidak mungkin," kata Johnson ketika ditanya apakah Luckin akan mengambil alih pasar Starbucks di China pada akhir 2019, menunjuk ke pertumbuhan 18 persen di toko-toko China baru yang direalisasikan perusahaan pada kuartal keempat.

"Baru pada kuartal terakhir ini kami memasuki 10 kota baru di China," katanya, seraya menambahkan bahwa setiap kota itu lebih besar daripada Los Angeles, kota metropolitan California selatan yang luas dengan populasi sekitar 4 juta.

Luckin mengatakan pihaknya menargetkan total lebih dari 4.500 toko di China pada akhir 2019, yang akan membawanya melewati Starbucks, yang telah lama mendominasi pasar kopi China dan saat ini memiliki lebih dari 3.600 toko di negara itu.

Banyak unit Luckin yang jauh lebih kecil dan tidak sebanding dengan kafe Starbucks dengan layanan lengkap, kata Johnson.

Johnson, yang menggantikan Howard Schultz sebagai kepala eksekutif Starbucks pada April 2017, mengatakan ia mengharapkan perusahaan untuk dapat mengulangi pertumbuhan kuartal terakhir di China.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search