Takeda Sepakat Akuisisi Shire PLC Senilai USD62 Miliar

Takeda Sepakat Akuisisi Shire PLC Senilai USD62 Miliar

Selasa, 08 Mei 2018 16:51:14 WIB

Takeda Pharmaceutical Co pada hari Selasa mencapai kesepakatan untuk membeli Shire PLC, mengakhiri negosiasi alot selama sebulan untuk mengendalikan produsen obat Eropa ini dan menandai akuisisi luar negeri terbesar yang pernah dilakukan oleh perusahaan Jepang.

Takeda mengatakan akan membeli kepemilikan Shire di GBP49.01 atau $ 66,53 per saham - $ 30,33 dalam bentuk tunai dan 0,839 saham Takeda untuk setiap saham Shire - menghargai pembuat perawatan langka yang berbasis di Dublin pada $ 62 miliar. Takeda diberi tenggat sampai Selasa untuk memformalkan penawaran, menarik penawaran atau pergi.

Saham Takeda naik lebih dari 4% akibat berita ini, meskipun saham telah jatuh lebih dari 16% sejak akhir Maret, ketika perusahaan pertama kali menyatakan minat pada Shire. Beberapa pemegang saham khawatir produsen obat terbesar di Jepang akan menumpuk terlalu banyak utang untuk mendanai kesepakatan. Pasalnya, tahun lalu Takeda juga membeli produsen obat kanker Amerika sebesar 5 miliar dengan modal utang perbankan.

Perusahaan pemeringkat kredit Moody's memperingatkan bulan lalu bahwa kesepakatan itu dapat mengundang "penurunan peringkat multinotch" dari peringkat tunggal-A Takeda saat ini.

Namun demikian, kesepakatan itu akan menciptakan produsen obat terbesar kedelapan di dunia dengan penjualan gabungan sebesar $ 30 miliar. Ini juga membantu Takeda, yang berusia 237 tahun, memperluas jangkauan pemasaran ke wilayah yang lebih menguntungkan seperti AS dan Eropa, dan menambahkan obat baru ke dalam produk-produknya yang dilindungi hak patennya.

Pengejaran Takya yang tak henti-hentinya terhadap Shire, terlepas dari risiko keuangan dan beberapa pertentangan pemegang saham, menunjukkan betapa bersemangatnya perusahaan warisan Jepang mengejar pertumbuhan di luar negeri, terbebani oleh populasi Jepang yang menyusut dan, dalam kasus perusahaan obat, kebijakan pemerintah yang tidak menguntungkan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search