Tarif  Impor Trump Tekan Saham Sektor  Industri

Tarif Impor Trump Tekan Saham Sektor Industri

Kamis, 08 Maret 2018 17:58:44 WIB

Investor menarik dana dari produk ETF (reksa dana yang ditransaksikan) sektor industri terbesar setelah Presiden Donald Trump mengumumkan rencana pekan lalu untuk mengenakan tarif impor baja dan aluminium.

ETF Sektor Industri State Street (kode ticker XLI) senilai $ 12,2 miliar, mengalami capital outflow investor senilai $ 560 juta pada hari Jumat lalu, arus keluar satu hari terbesar sejak Oktober 2014, menurut FactSet. Nilai ETF, yang berisi saham manufaktur pengguna logam seperti Boeing dan Caterpillar, turun 3,3% minggu lalu.

"Ada dan masih banyak ketidakpastian tentang dampak apa yang akan terjadi pada ekonomi A.S.," kata Todd Rosenbluth, kepala penelitian ETF untuk CFRA, sebuah firma riset independen kepada Wall Street Journal. "XLI adalah barometer yang bagus untuk sentimen A.S. terhadap pertumbuhan ekonomi, dan ini adalah konsumen logam besar."

Rencana Trump untuk mengenakan tarif 25% untuk impor baja dan 10% pada aluminium memicu pertentangan dari industri yang bersangkutan sehingga dapat meningkatkan biaya bahan baku dan memicu tindakan pembalasan dari mitra dagang A.S.

Trump mengatakan pada Senin bahwa ia hanya akan menghapus tarif pada dua negara tetangganya, Meksiko dan Kanada jika mereka menandatangani versi baru dari Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, atau NAFTA.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search