Transocean Terseret Kasus Tumpahan Minyak BP

Transocean Terseret Kasus Tumpahan Minyak BP

Jum'at, 04 Januari 2013 10:37:51 WIB

Monexnews - Proses hukum atas kasus tumpahan minyak di Teluk Meksiko tahu 2010 masih berlanjut hingga saat ini. Setelah memutus denda masif bagi British Petroleum, Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) juga menetapkan denda bagi perusahaan pengeboran yang terlibat dalam terjadinya musibah itu. Pengadilan memutuskan Transocean harus membayar denda dan penalti senilai total $1,4 miliar.

Transocean adalah perusahaan yang menaungi operasional dan pekerja dalam proyek pengeboran lepas pantai Deepwater Horizon, yang meledak tahun 2010 silam dan menewaskan 11 orang. Lebih dari itu, efek ledakan juga memicu salah satu peristiwa pencemaran terbesar dalam sejarah Amerika. Sebanyak jutaan barel minyak tumpah ke Teluk Meksiko dan menyebabkan kerusakan lingkungan maha dahsyat. Transocean dikontrak oleh BP sebagai operator proyek dan penyediaan kru lapangan. BP sendiri pada bulan November lalu telah sepakat membayar kompensasi kepada pemerintah senilai $4,5 miliar atas kelalaiannya. Dalam substansi penyelesaian hukum antara BP dan negara Amerika, terdapat poin yang menyebut bahwa Transocean juga menerima vonis pelanggaran aturan Clean Water Act.

"Perusahaan melihat kesepakatan ini sebagai jalan terbaik bagi pemegang saham dan karyawan, yang selama ini dilanda ketidakpastian hukum," urai Transocean dalam pernyataan resminya. Pihak direksi juga mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya 11 orang kru yang bekerja di lahan pengeboran pada peristiwa dua tahun lalu. Pemerintah sendiri sudah sejak lama menggugat Transocean karena perannya begitu krusial dalam musibah Teluk Meksiko 2010. "BP tidak bertindak sendiri, perusahaan terlibat dengan kerjasama dan kontrak kerja dengan Transocean," demikian pernyataan pemerintah dalam pendaftaran gugatan tahun lalu. Harga saham BP (NYSE:BP) ditutup pada level $43.27 atau naik 2% dibanding harga pembukaan.

(dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search