Walmart Akan Jual Unit Bisnisnya di Inggris ke Sainsbury

Walmart Akan Jual Unit Bisnisnya di Inggris ke Sainsbury

Senin, 30 April 2018 16:28:27 WIB

Walmart Inc pada hari Senin mengatakan akan menjual unit bisnisnya di Inggris Asda Group Ltd ke J Sainsbury PLC, kesepakatan yang menghargai jaringan toko retail itu sekitar $ 7,3 miliar ($ 10,1 miliar) dan, jika berhasil, akan menciptakan pedagang grosir terbesar di Inggris.

Walmart akan memegang 42% saham di perusahaan gabungan dan mendapatkan hampir GBP3 miliar dalam bentuk tunai. Perusahaan Bentonville, Ark. Akan memiliki hak suara hingga 29,9%.

Jika langkah ini bersih dari peraturan antitrust, hal ini akan melapangkan jalan bagi raksasa belanja baru ini untuk bersaing melawan Tesco PLC, Amazon.com Inc. - yang telah menguasai belanja online - dan jaringan toko diskon populer Aldi dan Lidl.

Bagi Walmart, langkah itu adalah bagian dari pergeseran yang lebih luas untuk membentuk usaha patungan di pasar yang kompetitif dan memfokuskan investasi di bidang eksekutif yang menurutnya akan memberikan pertumbuhan. Hal ini juga dalam pembicaraan untuk menjual saham pengendali dalam operasi Brasil dan dalam diskusi lanjutan untuk membeli saham mayoritas di Flipkart Group, sebuah startup homegrown yang telah menjadi perusahaan e-commerce terbesar India.

Persaingan ketat dan jumlah besar konsumen belanja daring menjadikan pasar grosir Inggris diperhitungkan oleh banyak eksekutif retail sebagai yang paling sulit di dunia. Sebagai tanggapan, para pemimpin pasar Inggris beramai-ramai melakukan aksi akuisisi dengan Tesco bulan lalu mengakuisisi Booker Group PLC, grosir makanan terbesar di negara itu, senilai GBP3.7 miliar, menjadi perusahaan bisnis makanan terbesar di Inggris.

Sainsburys, yang sahamnya naik sekitar 20% pada awal perdagangan Senin, mengatakan perusahaan gabungan ini akan memiliki total penjualan sekitar GBP51 miliar dan lebih dari 2.800 toko. Ia juga mengatakan bisnis baru akan menurunkan harga jual sekitar 10% pada "banyak" produk sehari-hari.

Meskipun demikian, kesepakatan yang diusulkan kemungkinan akan menarik lembaga pengawasan antitrust utama di tengah kekhawatiran bahwa konsolidasi dapat memberikan kekuatan yang lebih besar kepada entitas gabungan untuk mengatur harga, mempertahankan atau menaikkan harga untuk makanan. Analis pada hari Senin menyebutkan kesepakatan itu akan menjadi proses yang panjang.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search