Walt Disney Akuisisi Twenty First Century Fox

Walt Disney Akuisisi Twenty First Century Fox

Kamis, 14 Desember 2017 11:55:50 WIB

Monexnews - Walt Disney Co(kode saham DIS.N) sepakat membeli perusahaan jaringan film, televisi dan bisnis internasional Twenty-First Century Fox Inc milik konglomerat Rupert Murdoch. Kesepakatan itu akan menaikkan harga saham Fox menjadi US$ 40 per saham, sehingga nilai kapitalisasi pasarnya mencapai US$ 75 miliar setara Rp 1.012 triliun (kurs: 13.500 per dolar).

Kesepakatan tersebut, yang akan diumumkan pada hari Kamis, akan mengakhiri ekspansi bisnis selama setengah abad kerajaan bisnis Murdoch. Pria berusia 86 tahun ini awalnya hanya mewarisi satu surat kabar terkenal Australia dari ayahnya pada usia 21 tahun namun kemudian berhasil mengembangkan bisnisnya dengan mengakusisi media-media global ternama.

Berdasarkan kesepakatan, Murdoch akan menjual seluruh sahamnya ke Disney, termasuk perusahaan film

Twentieth Century Fox dan studio TV, jaringan kabel dan operasi internasional dengan nilai sekitar $ 29 per saham, kata sumber tersebut pada hari Rabu.

Aset Fox yang tersisa, yang terfokus pada berita dan olahraga, akan ditawarkan kepada pemegang saham Fox yang ada di sebuah perusahaan baru yang kemungkinan bernilai di atas $ 11 per saham, menurut sumber tersebut, yang meminta untuk tidak diungkap identitasnya menjelang pengumuman resmi.

Disney dan Fox tidak segera menanggapi konfirmasi Reuters mengenai hal ini. Harga saham Fox di akhir perdagangan Rabu di bursa Wall Street berada pada $ 32,75 per saham, memberikan kapitalisasi pasar sekitar $ 60 miliar.

Kesepakatan itu akan menandai kembalinya Murdoch untuk fokus pada bisnis berita, hasrat seumur hidupnya. Murdoch, kelahiran Australia dan kemudian menjadi warga negara Amerika Serikat, mewarisi bisnis surat kabar ayahnya pada tahun 1952 dan mengembangkannya hingga besar selama bertahun-tahun, kemudian melakukan akusisi media besar seperti Wall Street Journal, London Times dan studio film 20th Century Fox.

Pergeseran fokus bisnis Murdoch ke penjualan aset daripada akuisisi perusahaan baru telah mengejutkan banyak orang yang memprediksi dia akan menyerahkan bisnis kepada anak-anaknya, James dan Lachlan.

Tak satu pun dari anak-anak Murdochs yang akan menduduki kursi dewan direksi di Disney, menurut sumbernya.

(Irdy)


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search