Arab Saudi Janji Kembali Normalkan Produksi, Harga Minyak Turun ke $58.64 Per Barel

Arab Saudi Janji Kembali Normalkan Produksi, Harga Minyak Turun ke $58.64 Per Barel

Rabu, 18 September 2019 10:25:14 WIB
Harga minyak bergerak turun pada awal perdagangan hari Rabu (18/9) untuk menyentuh level rendahnya di $58.64 per barel, setelah menteri energi Arab Saudi mengatakan bahwa kerajaan akan mengembalikan produksi minyak yang hilang pada akhir bulan ini.

Namun, investor sejauh ini masih terlihat berhati-hati terhadap potensi ketegangan di Timur Tengah setelah Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka yakin serangan yang menghancurkan fasilitas minyak Arab Saudi pada akhir pekan lalu berasal dari barat daya Iran. Iran telah membantah terlibat dalam serangan tersebut.

Arab Saudi berusaha meyakinkan pasar setelah serangan yang terjadi pada hari Sabtu yang memangkas lebih dari separuh produksi mereka, dengan mengatakan pada hari Selasa bahwa produksi akan kembali normal pada akhir bulan ini.

Menteri energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman pada hari Selasa mengatakan bahwa produksi minyak rata-rata pada bulan September dan Oktober akan menjadi 9.89 juta barel per hari dan negara eksportir minyak terbesar di dunia tersebut akan memastikan pasokan minyak normal kepada pelanggannya pada bulan ini.

Namun, meskipun adanya jaminan dari Arab Saudi, risiko terhadap harga minyak kembali naik tetap ada setelah seorang pejabat AS mengatakan bahwa Washington yakin bahwa serangan tersebut berasal dari barat daya Iran.

Hubungan antara Amerika Serikat dengan Iran telah memburuk sejak Presiden AS Donald Trump menarik diri dari pejanjian nuklir Iran pada tahun lalu dan menerapkan kembali sanksi terhadap ekspor minyak Iran.

Teheran telah menolaj tuduhan dibalik serangan tersebut dan pada hari Selasa mengesampingkan untuk mengadakan pembicaraan dengan Trump.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search