A.S. Bersiap  Mengakhiri Pembebasan Sanksi Iran, Harga Minyak Naik Ke Level $65.50

A.S. Bersiap Mengakhiri Pembebasan Sanksi Iran, Harga Minyak Naik Ke Level $65.50

Senin, 22 April 2019 13:18:35 WIB
Amerika Serikat diperkirakan akan mengumumkan pada hari Senin bahwa pembeli minyak Iran perlu segera mengakhiri impor atau menghadapi sanksi, sebuah sumber yang akrab dengan situasi tersebut mengatakan kepada Reuters, memicu lonjakan 3 persen pada harga minyak mentah ke tertinggi mereka untuk 2019 sejauh ini.

Sumber itu mengkonfirmasi sebuah laporan oleh Washington Post bahwa pemerintah akan menghentikan sanksi keringanan yang diberikan kepada beberapa importir minyak Iran akhir tahun lalu.

Presiden AS Donald Trump ingin mengakhiri keringanan untuk mengerahkan "tekanan ekonomi maksimum" pada Iran dengan memotong ekspor minyaknya dan mengurangi sumber pendapatan utamanya menjadi nol.


Pada bulan November, AS menerapkan kembali sanksi atas ekspor minyak Iran setelah Presiden Trump secara sepihak menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan enam kekuatan dunia.

Washington, bagaimanapun, memberikan keringanan kepada delapan pembeli utama Iran - Cina, India, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Turki, Italia dan Yunani - yang memungkinkan mereka melakukan pembelian terbatas selama enam bulan.

Pada hari Senin, Sekretaris Negara Mike Pompeo akan mengumumkan "bahwa, pada 2 Mei, Departemen Luar Negeri tidak akan lagi memberikan keringanan sanksi kepada negara mana pun yang saat ini mengimpor minyak mentah atau kondensat Iran," kata kolumnis Post, Josh Rogin dalam laporannya, mengutip dua pejabat Departemen Luar Negeri yang tidak disebutkan namanya.

Pada saat penulisan harga minyak West Texas Intermediate (WTI) berjangka AS naik sebanyak 3 persen menjadi $ 65,90 per barel, tertinggi sejak 30 Oktober.

(Ahmad)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search