Asumsi IEA Topang Penguatan Harga Minyak

Asumsi IEA Topang Penguatan Harga Minyak

Kamis, 13 Desember 2018 23:14:41 WIB

Harga minyak menguat ke level $51.73 per barel merespon laporan dari International Energy Agency (IEA) yang menyebutkan bahwa ada potensi berkurangnya output dari Iran dan Venezuela. Agensi tersebut mengatakan bahwa setidaknya ada pengurangan output hingga 600.000 barel per hari.

Salah satu penyebabnya adalah dampak dari sanksi Iran yang mungkin akan terasa mulai tahun depan. Meski bukan merupakan prediksi pasti, namun asumsi IEA tersebut dapat memengaruhi harga minyak selanjutnya. Pasalnya, rencana OPEC yang akan menopang harga minyak dengan cara menyeimbangkan antara suplai dan permintaan, bisa tertopang juga dengan kondisi dari Iran dan Venezuela.

Bahkan IEA juga memprediksi di kuartal kedua tahun 2019 angka produksi dari Iran dan Venezuela juga bisa berkurang hingga 900.000 barel per hari. Jika asumsi IEA benar, maka upaya untuk menopang harga dari OPEC bisa saja terjadi.

Pada pukul 23.11 WIB, harga minyak mentah WTI berada di level $51.32 per barel menguat $0.98 dari level terendah hari ini di $50.34 per barel.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search