Bank-Bank Besar Pangkas Proyeksi Harga Minyak

Bank-Bank Besar Pangkas Proyeksi Harga Minyak

Rabu, 02 Maret 2016 06:59:16 WIB

Monexnews - Bank-bank besar memangkas proyeksi harga minyak dan memperkirakan bahwa harga akan pulih lebih lambat dari yang diantisipasi sebelumnya seiring pasar yang masih dibanjiri suplai. Survey 13 bank investasi oleh The Wall Street Journal memperkirakan harga minyak jenis Brent akan mencapai rata-rata $39 per barel tahun ini, turun dari $11 pada survey bulan Januari lalu. Bank-bank memperkirakan harga minyak jenis West Texas Intermediate mencapai rata-rata $38 per barel tahun ini, juga turun dari $11 pada survey sebelumnya. Bank-bank telah memangkas outlook harga mereka dalam setiap survey sejak bulan Agustus.

Sebelumnya, survey memprediksikan Brent untuk naik ke atas level $70 barel tahun ini. Namun seiring kecemasan mengenai laju pertumbuhan global melanda pasar keuangan awal tahun ini, dan sejumlah minimnya sinyal bahwa negara produsen besar minyak akan memangkas output untuk menyurutkan surplus suplai minyak, ekspektasi tersebut pupus dengan cepat. Saat ini bank-bank memperkirakan Brent hanya akan mencapai level $70 per barel di tahun 2018.

Pergerakan harga yang ekstrim dipicu oleh kesepakatan untuk membekukan output pada level bulan Januari oleh Arab Saudi, Rusia, dan negara anggota OPEC lainnya jika didukung negara produsen lainnya. Harapan tersebut dipudarkan oleh ketidaksetujuan Iran, yang mana baru terbebas dari sanksi pihak internasional. Analis Barclays mengatakan bahwa Iran, namun juga Libia dan Irak tidak akan menyetujui pembekuan output.

Dari sisi permintaan, situasi di China masih dinilai mencemaskan bagi para trader minyak. Data dari China, yang merupakan negara konsumen minyak terbesar kedua di dunia, menunjukkan outlook perekonomian yang memburuk dan kecemasan menurunnya tingkat permintaan. Impor minyak mentah China di bulan Januari turun sebanyak 4.6% dibandingkan tahun sebelumnya, menurut data pemerintah.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search