China Akan Luncurkan Kontrak Minyak Mentah Berjangka

China Akan Luncurkan Kontrak Minyak Mentah Berjangka

Jum'at, 09 Februari 2018 16:11:03 WIB

China merencanakan akan luncurkan kontrak berjangka minyak mentah pada 26 Maret mendatang yang berpotensi akan mengguncang harga pasar komoditas di dunia. Hal ini disampaikan oleh dua sumber yang tidak disebutkan identitasnya karena memang tidak berwenang berbicara pada media.

Shanghai International Energy Exchange (INE) berpotensi akan mengoprasikan kontrak tersebut dengan aliran dana sekitar triliunan dollar setiap tahunnya. Namun pihak INE yang merupakan bagian dari Shanghai Futures Exchange (ShFE) menolak berkomentar terkait hal ini. China Securities Regulatory Commission (CSRC) pun tidak memberikan komentar.

Kontrak minyak mentah berjangka berdenominasi yuan ini akan terbuka untuk investor China dan luar negeri. Namun hal ini menimbulkan kekhawatiran pasar internasional karena mereka tidak dapat bebas menukarkan mata uang yuan karena adanya larangan arus modal China ke luar negeri. Terlebih adanya intervensi dari Beijing di pasar komoditasnya.

Semula kontrak tersebut akan dilaksanakan enam tahun lalu, namun terjadi penunandaan karena terjadi gejolak di pasar saham China. Jika komoditas berjangka ini tetap dijalankan, maka akan timbul kekhawatiran dengan terjadinya pergolakan keuangan terutama di China.

(dny)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search