Faktor Geopolitik Kembali ‘Membumbui’ Pergerakan Harga Minyak

Faktor Geopolitik Kembali ‘Membumbui’ Pergerakan Harga Minyak

Jum'at, 14 Juni 2013 18:51:56 WIB

Monexnews - Harga minyak mentah terus merangsek naik mendekati level tertinggi 3 pekan pada hari Jumat, seiring faktor geopolitik menggeser faktor makroekonomi sebagai penggerak utama harga.

Saat ini minyak mentah untuk kontrak pengiriman bulan Juli diperdagangkan pada kisaran $97.15 per barrel atau sekitar 0,5% di atas harga penutupan kemarin.

Berita bahwa Presiden AS Barack

Obama telah menyetujui pemberian bantuan senjata kepada pihak pemberontak untuk melawan Presiden Suriah Bashar al-Assad telah meningkatkan resiko penyebaran konflik ke kawasan Timur Tengah. Sejumlah analis menilai bahwa upaya mempersenjatai pemberontak akan merubah pertempuran internal menjadi perang terselubung antara AS dan Iran / Hizbullah.

Kendati Suriah hanya memproduksi dan mengekspor sedikit minyak, kedekatannya dengan negara-negara produsen utama seperti Iran dan

Irak, dikombinasikan dengan situasi politik kawasan yang tengah memanas, telah mendatang resiko konflik berkepanjangan yang lebih buruk. Setiap eskalasi kekerasan akan berpotensi mengganggu pasokan minyak mentah dari kawasan kaya minyak tersebut.

Dari tempat lain di Timur Tengah, perhatian pelaku pasar minyak juga tengah tertuju ke pemilu Presiden di Iran. Meskipun hasilnya mungkin akan mempengaruhi gaya negosiasi program nuklir Iran dan blok barat, bukan berarti embargo terhadap Iran akan dapat segera dapat dicabut.

Ancaman lain terhadap pasokan minyak juga datang dari benua hitam, dimana sebuah serangan pada pipa minyak telah mengancam keberlangsungan perundingan antara

Sudan dan Sudan Selatan terkait sengketa ekspor minyak. Sementara produksi minyak mentah Libya diberitakan telah anjlok hingga di bawah 1 juta barrel per hari menyusul meluasnya aksi protes di instalasi pengeboran minyak. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search