Gangguan Ekspor di Libya Topang Harga Minyak

Gangguan Ekspor di Libya Topang Harga Minyak

Selasa, 11 Desember 2018 21:05:08 WIB

Harga minyak menguat pada hari ini tertopang oleh laporan bahwa terjadi gangguan ekspor dari Libya. National Oil Company (NOC) mengatakan bahwa gangguan ekspor tersebut karena kilang minyak di El Sharara - yang merupakan kilan terbesar - telah disita oleh sekelompok militan.

Dampaknya, angka produksi diperkirakan akan berkurang hingga 315 ribu barel per hari ditambah dengan pengurangan 73 ribu barel per hari di ladang El Feel.

Kondisi tersebut seiring dengan upaya OPEC dan non-OPEC yang sepakat akan menurunkan angka produksinya pada tahun depan. Rusia berencana akan mengurangi produksinya 50 ribu sampai 60 ribu barel perhai pada bulan Januari.

Total, jumlah pemotongan produksi yang disepakati OPEC dan non-OPEC akan berjumlah 1,2 juta barel per hari yang akan dimulai mulai Januari. Meski begitu para pelaku pasar masih mengkhawatirkan akan outlook melambatnya pertumbuhan ekonomi global di tahun depan.

Hingga pukul 21.02 WIB harga minyak berada di level $51.80 barel per barel, menguat hampir $0.91 dari penutupan perdagangan kemarin.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search