Harga Minyak Bergerak Sideways di Tengah Kekhawatiran Oversupply

Harga Minyak Bergerak Sideways di Tengah Kekhawatiran Oversupply

Kamis, 24 Januari 2019 15:12:20 WIB

Setelah pelemahan yang terjadi saat perdagangan kemarin, hari ini - hingga perdagangan sesi Eropa dibuka - harga minyak masih bergerak dalam rentang sempit antara 52.18 - 52.70. Kondisi oversupply masih menahan pergerakan harga minyak. Semalam laporan dari Reuters memperlihat, produksi minyak di Rusia ternyata masih tinggi yang mencapai 11,39 juta barel per hari selama 1-22 Januari 2019.

Kekhawatiran oversupply ini disebabkan oleh proyeksi perlambatan ekonomi global yang dapat menurunkan angka permintaan. Dalam pertemuan di World Economic Forum (WEF) yang diselenggarakan di Davos, International Monetary Fund (IMF) juga menegaskan bahwa perlambatan ekonomi global bisa lebih cepat dari proyeksi awal.

Pada 2018 lalu, OPEC dan Rusia padahal sepakat untuk memangkas angka produksi minyak untuk bisa mengimbangi antara persediaan dan proyeksi permintaan minyak yang tidak seimbang dengan jumlah produksi.

Pukul 15.08 WIB harga minyak berada di level $52.42 per barel. Untuk selanjutnya, rilis data persediaan minyak AS dari Energy International Administration (EIA) pukul 23.00 WIB nanti akan menjadi perhatian pasar juga. Pasalnya, produksi minyak AS masih tinggi dan bahkan sudah melebihi angka produksi Rusia dan Arab Saudi yang sudah mendekati angka 12 juta barel per hari.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search