Harga Minyak Melonjak ke $64 Per Barel Karena AS Peringatkan Iran Mungkin Akan Serang Arab Saudi Kembali

Harga Minyak Melonjak ke $64 Per Barel Karena AS Peringatkan Iran Mungkin Akan Serang Arab Saudi Kembali

Senin, 06 Januari 2020 10:19:06 WIB
Harga minyak bergerak naik pada awal perdagangan sesi Asia hari Senin (6/1) ke level $64.45 per barel di tengah laporan terbaru menunjukkan bahwa AS memperingatkan bahwa Iran mungkin akan menyerang Arab Saudi setelah AS melakukan serangan militer yang menewaskan salah satu jenderal paling kuat milik Iran.

Departemen luar negeri AS mengatakan ada 'risiko tinggi" serangan rudal ke dekat pangkalan militer dan fasilitas energi Arab Saudi, meningkatkan prospek gangguan di wilayah pengahasil minyak paling penting di dunia.

Peringatan tersebut datang setelah retorika bellicose di akhir pekan. Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa dia siap untuk menyerang "secara tidak proporsional" dan menyerang lebih dari 50 situs Iran jika Teheran membalas terhadap pembunuhan Qassem Soleimani, di tengah negara di Timur Tengah tersebut mengatakan bahwa mereka harus tuntaskan persamaan nilai dengan AS.

Ketegangan yang meningkat antara AS dengan Iran telah menyebabkan gangguan yang belum pernah terjadi sebelumnya di pasar minyak, namun sejauh ini hanya berjalan singkat. Tahun lalu, Washington menyalahkan Teheran atas serangan sabotase terhadap supertanker dan serangan rudal dan drone pada pabrik pengolahan minyak milik Arab Saudi di bulan September, yang membuat produksi pengolahan minyak terbesar di dunia terhenti dalam sejarah industri.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search