Harga Minyak Mempertahankan Kenaikannya, Karena Memburuknya Tensi Geopolitik Timur Tengah

Harga Minyak Mempertahankan Kenaikannya, Karena Memburuknya Tensi Geopolitik Timur Tengah

Jum'at, 20 September 2019 10:47:36 WIB
Harga minyak berada di jalur untuk kenaikan lebih dari 7% pada pekan ini, menjadi yang terbesar dalam bulan ini, setelah pagi ini memperpanjang kenaikannta ke level $58.91 per barel karena ketegangan terbaru di Timur Tengah pasca hub suplai utama minyak Arab Saudi meledak dalam sebuah serangan di akhir pekan lalu.

Kenaikan harga minyak pada awal perdagangan hari ini juga ditopag oleh laporan yang mengatakan bahwa koalisi militer yang dipimpin oleh Arab Saudi melancarkan operasi militer di kota pelabuhan sebelah utara Yaman, Hodeidah, di tengah AS bekerja sama dengan negara-negara Timur Tengah dan Eropa untuk membangun koalisi dalam mengatasi ancaman Iran setelah serangan ke Arab Saudi.

Jumlah produksi Arab Saudi telah turun hampir setengah pasca serangan di hari Sabtu yang telah menghancurkan fasilitas pemrosesan minyak. Menteri minyak Arab Saudi telah berjanji untuk mengembailkan produksi minyak yang hilang pada akhir bulan ini, dan akan kembalikan kapasistas menjadi 12 juta barel per hari pada akhir November.

Amerika Serikat dan Arab Saudi telah menyalahkan Iran terhadap serangan di fasilitas minyak Arab Saudi. Namun Teheran sejaug ini telah membantah ikut terlibat.

Saat ini pasar global juga akan memperhatikan negosiasi dagang antara AS dengan Tiongkok di Washington, di tengah pejabat dari kedua belah pihak kembali bernegosiasi untuk pertama kalinya dalam hampir dua bulan pada hari Kamis.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search