Harga Minyak Mentah Bertahan Menguat Di $56 Per Barel Karena Redanya Tensi Perang Dagang

Harga Minyak Mentah Bertahan Menguat Di $56 Per Barel Karena Redanya Tensi Perang Dagang

Selasa, 20 Agustus 2019 10:30:38 WIB
Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak bulan berjalan masih bertahan menguat di kisaran $56 per barel (20/8). Meredanya tensi perang dagang AS-Tiongkok dan potensi stimulus moneter meningkatkan optimisme pasar mengenai perekonomian global.

Semalam (19/8), pemerintah AS memberikan ijin sementara kepada perusahaan-perusahaan AS untuk berbisnis dengan Huawei. Ijin diberikan selama 90 hari ke depan. Melunaknya sikap AS ini tentunya akan mengurangi tensi dagang AS dengan Tiongkok yang masih berlangsung. AS dan Tiongkok bersiap kembali ke meja perundingan di awal September ini.

Selain itu, ekspektasi stimulus moneter yang akan dilakukan bank-bank sentral global memberikan optimisme di kalangan pelaku pasar bahwa pelambatan ekonomi global bisa diatasi. Ekonomi yang bertumbuh berpotensi meningkatkan permintaan energi seperti minyak mentah.

Sebelumnya OPEC memangkas proyeksi pertumbuhan permintaan minyak global di 2019 sebesar 40 ribu barel per hari (bph) menjadi 1,1 juta bph dan mungkin akan terjadi surplus produksi di 2020.



(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search