Harga Minyak Mentah Dalam Tekanan Turun Karena Perang Dagang

Harga Minyak Mentah Dalam Tekanan Turun Karena Perang Dagang

Senin, 05 Agustus 2019 12:13:44 WIB
Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) dalam tekanan turun karena kekhawatiran perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok. Awal pekan ini, harga minyak mentah WTI diperdagangkan di kisaran $55 per barel. Padahal pekan lalu, harga minyak mentah WTI sempat mencapat level $58.80 per barel.

Para pelaku pasar mengkhawatirkan perang dagang bisa menurunkan permintaan terhadap komoditas minyak mentah global. Kenaikan bea impor oleh AS terhadap barang-barang Tiongkok berpotensi mendorong aksi balasan dari Tiongkok untuk membeli minyak mentah dari Iran.

Pembelian minyak mentah oleh Tiongkok dari Iran berpotensi mendorong harga minyak mentah turun lebih dalam lagi. Harga minyak mentah mungkin bisa turun $5-$7 per barel, menurut John Kilduff, pendiri perusahaan dagang energi Again Capital, seperti yang dikutip oleh CNBC pada hari Kamis pekan lalu.

Seperti diketahui, akhir pekan lalu, Presiden Trump mengeluarkan keputusan untuk menaikan bea impor sebesar 10% untuk barang-barang Tiongkok senilai $300 milyar. Aksi ini sebagai tekanan dari AS kepada Tiongkok dalam lanjutan negosiasi dagang antara kedua negara yang baru saja dimulai awal pekan lalu. Kebijakan AS ini dikhawatirkan mengundang aksi balasan dari Tiongkok yang akan memperuncing kisruh dagang kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia.



(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search