Harga Minyak Mentah WTI Di Bawah $54 Per Barel Karena Kekhawatiran Pelambatan Ekonomi

Harga Minyak Mentah WTI Di Bawah $54 Per Barel Karena Kekhawatiran Pelambatan Ekonomi

Rabu, 02 Oktober 2019 17:43:10 WIB
Harga Minyak Mentah West Texas Intermediate (WTI) Rabu Sore ini (2/10) bergerak di bawah kisaran $54 per barel karena kekhawatiran pasar terhadap pelambatan ekonomi.

Semalam data Indeks Manufaktur Amerika Serikat (AS) bulan September dirilis di bawah ekspektasi pasar, 47,8 vs 50,4. Angka ini di bawah batas 50 yang berarti berada di area kontraksi atau pelambatan. Ini sudah kali ke-2 beruntun indeks manufaktur AS di area kontraksi.

Hasil data ini memberikan indikasi adanya potensi pelambatan ekonomi di AS yang mungkin salah satunya disebabkan oleh perang dagang yang berkepanjangan.

Pelambatan ekonomi bisa memicu penurunan permintaan energi dan komoditi seperti minyak mentah. Potensi penurunan permintaan mendorong penurunan harga minyak mentah.

Tapi di sisi lain, data persediaan yang dirilis oleh Institute Perminyakan Amerika (The American Petroleum Institute - API) pada hari Selasa kemarin menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah AS turun 5,9 juta barel pekan lalu. Angka ini harusnya bisa mendukung kenaikan harga minyak karena penurunan suplai.

Malam ini, pukul 21.30 WIB, Badan Administrasi Informasi Energi AS (Energy Information Administration - EIA) akan melaporkan data persediaan minyak mentah AS. Persediaan diperkirakan naik 2 juta barel untuk pekan lalu. Hasil aktual yang lebih bagus dari ekspektasi bisa memicu penurunan harga minyak mentah.

Sebelumnya, pukul 19.15 WIB, Data Non-Farm Payrolls versi ADP akan dirilis. Data ini juga menjadi indikator kesehatan ekonomi AS. Data yang di bawah perkiraan bisa memberikan tekanan pada harga minyak mentah karena potensi pelambatan ekonomi.

Harga minyak mentah WTI saat penulisan di kisaran $53,66 per barel.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search