Harga Minyak Naik ke $55.34 di Tengah Harapan Tiongkok Akan Luncurkan Lebih Banyak Stimulus di Masa Mendatang

Harga Minyak Naik ke $55.34 di Tengah Harapan Tiongkok Akan Luncurkan Lebih Banyak Stimulus di Masa Mendatang

Kamis, 31 Oktober 2019 14:40:10 WIB
Harga minyak bergerak naik pada hari Kamis (31/10) ke level $55.34 per barel seiring investor yang meyakini akan ada lebih banyak stimulus ekonomi oleh Tiongkok setelah perilisan data ekonomi Tiongkok yang pesimis tadi pagi.

Tadi pagi pemerintah Tiongkok merilis data aktivitas pabrik mereka untuk periode Oktober yang menunjukkan penurunan untuk enam bulan beruntun di level 49.3, sementara untuk aktivitas sektor jasa juga melambat ke level terendah sejak Februari 2016 di level 52.8.

Analis pasar di salah satu broker internasional mengatakan bahwa kenaikan harga minyak saat ini didorong oleh ekspektasi bahwa akan ada lebih banyak stimulus Tiongkok pada saat ini setelah data aktivitas pabrik Tiongkok anjlok untuk enam bulan beruntun.

Dia juga menambahkan bahwa respon volatilitas seharusnya pasar akan menjual komoditas dan energi, namun dengan bank sentral global yang telah berikan pelonggaran moneter seperti saat ini maka saya yakin Tiongkok akan melakukan hal yang sama.

Semalam, Federal Reserve AS memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya pada tahun ini dengan sikap The Fed yang menjamin daya tahan ekspansi ekonomi yang saat ini merupakan rekor terpanjang.

Pengurangan suku bunga cenderung akan berdampak bullish untuk harga minyak karena ekonomi yang kuat akan implikasikan permintaan yang lebih tinggi untuk harga minyak.

Namun, kenaikan harga minyak berpeluang terbatas sampai cadangan minyak mulai menunjukkan penurunan yang berkelanjutan.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search