Harga Minyak Pulih, OPEC Dipaksa Memangkas Outputnya

Harga Minyak Pulih, OPEC Dipaksa Memangkas Outputnya

Rabu, 14 November 2018 23:00:32 WIB

Setelah membukukan pelemahan selama 12 hari beruntun, pada hari ini harga minyak menguat cukup tajam ke level $57.32 per barel setelah kemarin ditutup melemah di level $55.27 per barel. Penguatan ini didukung oleh laporan yang menyebutkan bahwa OPEC dan negara non-OPEC seperti Rusia telah mempertimbangkan untuk memangkas outputnya pada tahun 2019 nanti.

Rencananya, pemangkasan output bisa menjacapai 1,4 juta barel per hari, angka yang yang lebih besar dari yang pernah disebutkan sebelumnya. Bahkan ada potensi OPEC akan kembali menjalankan proyek pemangkasan output seperti yang pernah dilakukan pada tahun 2017.

Sejak bulan Oktober, harga minya memang sudah turun sangat tajam bahkan mencapai level terendah sejak tahun 2014 lalu. Tertekannya harga minyak setelah dilaporkan bahwa kondisi suplai sudah sangat melimpah. Kondisi tersebut diperparah oleh proyeksi perlambatan ekonomi global yang akan mengurangi demand terhadap minyak mentah.

Output dari AS pun menjadi bahan pertimbangan. Pasalnya EIA memprediksi bahwa di penghujung tahun 2018 ini, output minyak bisa mencapai rekor sepanjang masa yaitu 7,94 juta barel per hari. Bahkan para analis juga melihat ada kemungkinan output minyak akan bertambah lebih dari 12 juta barel per hari sampai pertengahan tahun 2019 nanti. Hal ini menjadikan AS bisa menjadi negara produsen minyak terbesar di dunia setelah Rusia dan Arab Saudi.

Pukul 22.58 WIB harga minyak berada di level $57.02 per barel.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search