Harga Minyak Terjun ke $29.75, Di Tengah Pasar Khawatir Terhadap Outlook Perang Harga Dikalangan Produsen

Harga Minyak Terjun ke $29.75, Di Tengah Pasar Khawatir Terhadap Outlook Perang Harga Dikalangan Produsen

Senin, 09 Maret 2020 10:15:08 WIB
Harga minyak terjun bebas di awal perdagangan hari Senin (9/3) untuk menyentuh level terendahnya di $29.75 per barel, level terendah sejak 12 Februari 2016, seiring pasar yang merespon hasil pertemuan OPEC+ di hari Jumat lalu yang gagal mencapai kesepakatan untuk memangkas produksi yang menyebabkan Arab Saudi memangkas harga dan dilaporkan mereka juga akan segera meningkatkan produksinya, memicu kekhawatiran akan adanya perang harga habis-habisan di kalangan produsen.

Arab Saudi, pengekspor minyak terbesar di dunia, berusaha untuk menghukum Rusia, produsen minyak terbesar kedua di dunia, karena mereka pada hari Jumat menolak pengurangan produksi yang diusulkan oleh Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Arab Saudi berencana untuk meningkatkan produksi minyak mentah di atas 10 juta barel per hari di bulan April setelah kesepakatan suplai saat ini antara OPEC dan Rusia, yang dikenal dengan sebutan OPEC+, berakhir di di akhir Maret, ungkap dua orang narasumber yang mengatakan kepada Reuters pada hari Minggu.

Arab Saudi, Rusia dan produsen utama lainnya sebelumnya telah berjuang bersama untuk menjaga pangsa pasar dari tahun 2014 hingga 2016 dalam mencoba menekan produksi dari Amerika Serikat, saat ini menjadi produsen minyak terbesar di dunia karena aliran minyak shale telah melipatgandakan produksi negaranya selama sedekade terakhir.

Arab Saudi saat ini telah membuka perang dengan mengurangi harga jual resmi mereka untuk bulan April untuk semua level minyak mentah ke semua tujuan antara $6 hingga $8 per barel.

Sementara itu untuk produksinya mereka bersiap untuk menaikan di atas 10 juta barel per hari. Saat ini mereka memompa sebanyak 9.7 juta barel per hari, dengan kapasitas mereka dapat memompa minyak hingga 12.5 juta barel per hari.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search