Harga Minyak Turun Karena Memburuknya Penyebaran Virus Korona Yang Memicu Kekhawatiran Akan Permintaan

Harga Minyak Turun Karena Memburuknya Penyebaran Virus Korona Yang Memicu Kekhawatiran Akan Permintaan

Jum'at, 21 Februari 2020 10:13:12 WIB
Harga minyak bergerak turun pada awal perdagangan hari Jumat ke level $53.36 per barel dengan pasar yang kembali takut terhadap pertumbuhan permintaan bahan bakar karena epidemi virus Korona yang awalnya di Tiongkok meluas ke berbagai negara, sementara itu produsen minyak mentah utama bersiap untuk mengambil langkah awal untuk memangkas produksi untuk mendukung pasar.

Pada hari Jumat, pemerintah Korea Selatan mengkonfirmasi sebanyak 52 orang yang terkena infeksi Korona, menurut laporan Yonhap. Jalan-jalan di kota terbesar keempat di negara tersebut sepi pada hari Kamis setelah puluhan orang disana turun dengan patogen dalam apa yang oleh pihak berwenang digambarkan sebagai "penyebaran super."

Di Tiongkok sendiri, negara importir minyak terbesar di dunia, kasus-kasus baru karena virus Korona juga naik pada hari Jumat dari hari sebelumnya bahkan ketika Beijing menekan dengan upaya untuk menahan penyebaran yang sebagian besar telah melumpuhkan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Analis di salah satu broker internasional mengatakan bahwa salah satu risiko adalah apakah infeksi meningkat ketika orang kembali bekerja di Tiongkok, karena mereka mulai melakukannya meskipun jauh dari skala besar.

Dia juga mengatakan bahwa risiko lainnya adalah dimulainya kembali kegiatan ekonomi di Tiongkok yang lebih lama dari sebelumnya, katakanlah, dengan kasus SARS pada tahun 2003, karena Beijing memilih untuk memprioritaskan melawan infeksi tersebut terhadap target pertumbuhan GDP.

Sentimen lain yang memberikan tekanan kepada harga mintak adalah dolar AS yang menguat karena investor mencari aset safe haven. Menguatnya dolar akan membuat harga minyak menjadi lebih mahal yang dihargai dalam dolar AS.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search