IEA: Butuh Waktu Bertahun-tahun Agar Pasar Minyak Kembali Seimbang

IEA: Butuh Waktu Bertahun-tahun Agar Pasar Minyak Kembali Seimbang

Selasa, 10 Februari 2015 17:20:47 WIB

Monexnews - Rebound tipis pada harga miynak dalam sebulan terakhir menunjukkan adanya "harapan" namun masih belum ada sinyal melambatnya output, ucap International Energy Agency (IEA) dalam laporan bulanannya. "Rebound parsial pada harga minyak dalam sebulan terakhir menyusul penurunan sebesar 60% sejak Juni menunjukkan pelaku pasar melihat adanya harapan dan bertambah optimis bahwa pemangkasan belanja oleh perusahaan minyak akan memulihkan pasar," ucap IEA dalam laporan pasar minyak edisi Februari yang dirilis hari Selasa. "Namun sejauh ini suplai masih menumpuk, dan butuh waktu agar pemangkasa investasi untuk mengikis tingkat produksi," ucap IEA, mengingatkan bahwa waktu pemulihan pada harga minyak merupakan masalah utama.

Sementara itu, suplai minyak kemungkinan akan terus bertambah, ucap IEA. IEA memprediksikan bahwa hingga pertengahan tahun 2015, suplai minyak pada 34 negara anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dapat kembali menyentuh rekor tinggi pada 2.83 juta barel yang dicapai bulan Agustus 1998, beberapa saat sebelum harga minyak mentah AS anjlok ke level rendah rata-rata bulanan pada $11.22 per barel. Bagaimanapun juga IEA memperingatkan bahwa penyeimbangan penuh antara tingkat suplai dan

permintaan pada pasar minyak dapat memakan waktu "bertahun-tahun."
"Tidak biasanya pada pasar untuk terjadi koreksi untuk selisih yang muncul antara ekspektasi pasar dan trend saat ini. Sudah merupakan siklus pada pasar minyak bahwa dampak respon fisik permintaan dan suplai membutuhkan waktu berbulan-bulan, atau mungkin bertahun-tahun, untuk dapat dirasakan," menurut laporan tersebut. "Sementara penurunan harga sebagian besar hanya direspon oleh kebijakan darurat pelaku industri, konsekuensi langkah tersebut dapat berpengaruh dalam 5 hingga 7 tahun kedepan bukan dalam waktu dekat, mengingat keputusan investasi hari ini biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diterjemahkan menuju kenyataan suplai dan permintaan fisik."

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search