IEA: China Akan Gantikan AS Sebagai Negara Konsumen Minyak Terbesar

IEA: China Akan Gantikan AS Sebagai Negara Konsumen Minyak Terbesar

Rabu, 12 November 2014 10:26:04 WIB

Monexnews - China akan menggantikan AS sebagai negara konsumen minyak terbesar di dunia dalam 2 dekade, menurut International Energy Agency. Target tersebut akan tercapai pada awal tahun 2030, saat China akan menjadi negara konsumen minyak terbesar dunia, menggantikan tempat Amerika Serikat, ucap IEA dalam World Energy Outlook, yang memproyeksikan trend jangka panjang energi. Laporan tersebut akan dirilis secara pnuh pada konferensi pers di London hari ini.

Pertumbuhan pada tingkat

permintaan minyak hingga 2040 juga akan digerakkan oleh India, Asia Tenggara, dan Afrika sub-Sahara, menurut IEA. Tingkat konsumsi minyak di negara maju akan berkurang, dengan konsumsi minyak AS anjlok ke level terendah dalam beberapa dekade, ucap IEA. Produksi tight oil AS dari cadangan minyak shale akan mencapai batas dalam 10 tahun kedepan dan kemudian akan turun, menurut IEA, kembali menegaskan komentar serupa dari outlook tahun lalu. Tingkat permintaan global akan naik sebanyak 16% menjadi 104 juta barel per hari di tahun 2040, dibandingkan dengan 90 juta barel per hari pada proyeksi tahun lalu.
Laju pertumbuhan permintaan akan melambat hingga 1% per tahun mulai dari tahun 2025 seteah naik lebih dari 2% per tahun dalam 2 dekade terakhir, ucapnya. Negara berkembang di Asia aka mencakup sekitar 60% dari total laju pertumbuhan permintaan pada periode tersebut, menurut IEA. Konsumsi minyak kemungkinan akan berkurang pada negara anggota Organisation for Economic Cooperation and Development, yang termasuk AS, Jerman, dan Jepang. Untuk setiap barel minyak yang turun dari tingkat konsumsi negara OECD, tingkat konsumsi negara non-OECD akan naik sebanyak 2 barel," ucap IEA.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search