IEA Mendesak OPEC Membuka Keran Karena Pasar Minyak Masuk 'Zona Merah'

IEA Mendesak OPEC Membuka Keran Karena Pasar Minyak Masuk 'Zona Merah'

Selasa, 09 Oktober 2018 18:46:37 WIB
Badan Energi Internasional membuat daya tarik langsung kepada OPEC dan produsen minyak utama lainnya untuk meningkatkan output, memperingatkan bahwa harga menimbulkan kerusakan pada ekonomi global.

"Kita semua harus melihat situasi berisiko, pasar minyak memasuki zona merah," Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol mengatakan Selasa. "Kita harus mencoba untuk menghibur pasar bersama-sama karena ini mungkin adalah berita buruk bagi konsumen, importir hari ini, tapi saya percaya itu mungkin menjadi berita buruk bagi produsen besok."

IEA, yang memberi saran sebagian besar ekonomi utama pada kebijakan energi, mengatakan pekan lalu bahwa kenaikan harga minyak mentah mungkin mengurangi permintaan di beberapa negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia kecuali produsen mengambil langkah untuk meningkatkan pasokan. Birol telah menyambut baik upaya oleh produsen OPEC atas Arab Saudi untuk meningkatkan output, tetapi percaya bahwa keketatan pasar kemungkinan akan berlanjut.

Peringatan Birol menyusul lonjakan 20 persen harga minyak sejak Agustus karena OPEC berjuang untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh pengiriman yang meleset dari beberapa anggota. Ekspor Iran turun lebih cepat dari yang diperkirakan industri, dengan banyak pembeli besar yang menghentikan pembelian bahkan sebelum sanksi AS diberlakukan pada November.

Pada saat penulisan harga minyak berada pada level $74.75

(Ahmad)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search