IEA: Permintaan Minyak Tahun 2018 Meningkat Menjadi 1,4 Juta Barel per Hari

IEA: Permintaan Minyak Tahun 2018 Meningkat Menjadi 1,4 Juta Barel per Hari

Selasa, 13 Februari 2018 19:00:03 WIB

Dalam laporan bulannya, IEA menyebutkan bahwa permintaan minyak global di tahun 2018 diperkirakan akan meningkat menjadi 1,4 juta barel per hari. Angka ini lebih tinggi dari proyeksi sebelumnya sebesar 1,3 juta barel per hari. Namun lebih rendah dari permintaan tahun 2017 yang mencapai 1,6 juta barel per hari.

Sepanjang tahun 2018, IEA memperkirakan rata-rata permintaan minyak mentah OPEC mencapai 32,3 juta barel per hari setelah turun menjadi 32 juta barel per hari pada kuartal pertama tahun ini.

Meski begitu, OPEC dan beberapa negara produsen minyak dunia lainnya termasuk Rusia telah sepakat mengurangi produksi untuk menopang harga minyak mentah yang sudah dilaksanakan tahun 2017 lalu dan berlanjut sampai 2018.

Tercatat hingga Januari 2018 jumlah produksi minyak OPEC stabil di angka 32,16 juta barel per hari dan produksi minyak di negara non-OPEC turun 175.000 barel per hari menjadi 58,6 juta barel per hari.

Di sisi lain, pemangkasan produksi minyak ini dimanfaatkan oleh produsen minyak shale di AS yang dapat mengganggu target OPEC untuk menopang harga minyak mentah. Dalam laporannya IEA juga mengatakan bahwa OPEC bisa membentuk kebijakan baru terkait meningkatnya produksi minyak di AS.

Baca: OPEC Akan Bentuk Kebijakan Baru Terkait Meningkatnya Produksi Minyak di AS

(dny)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search