IEA: Tanpa Pengurangan Output, Kejatuhan Harga Minyak Akan Terus Berlanjut

IEA: Tanpa Pengurangan Output, Kejatuhan Harga Minyak Akan Terus Berlanjut

Jum'at, 14 November 2014 19:13:30 WIB

Monexnews - Fase penurunan harga minyak mentah kemungkinan masih akan berlanjut hingga memasuki semester pertama tahun 2015, terkecuali output global berkurang, berdasarkan laporan terbaru International Energy Agency yang dirlis hari Jumat. Harga minyak mentah telah merosot sekitar 30% sejak bulan Juni, yang menghantarkannya ke posisi terendah 4-tahun, di tengah pertumbuhan permintaan yang lesu dan surplus pasokan akibat booming produksi di Amerika Utara. Kendati IEA memprediksi pertumbuhan permintaan akan kembali meningkat pada tahun depan, setelah anjlok ke level terlemah 5-tahun pada tahun 2014, penurunan tajam permintaan masih mungkin terjadi pada awal tahun 2015. Sementara supply minyak yang kuat sejauh ini juga belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Dalam laporan pasar minyak bulanannya, IEA mengatakan produksi OPEC turun 150.000 barrel per hari pada bulan Oktober seiring penurunan kecil dari beberapa anggota kartel mengimbangi kenaikan output dari Libya. Namun total produksi sebesar 30,6 juta barrel per hari masih berada jauh di atas kesepakatan batas kuota yang sebesar 30 juta barrel per hari. OPEC tercatat telah melampaui batas kuota produksi selama 6 bulan berturut-turut, menurut IEA.

Tanpa adanya pemangkasan produksi dari OPEC, penurunan berkelanjutan dalam harga minyak bisa menekan produsen-produsen lain yang berbiaya lebih tinggi. Awal pekan ini kepala ekonom IEA, Fatih Birol, mengatakan bahwa harga minyak yang bertengger di kisaran $80 per barrel bisa menggerus investasi proyek-proyek minyak shale AS hingga 10% pada tahun depan. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search