Industri Oil mempertimbangkan langkah selanjutnya untuk Venezuela

Industri Oil mempertimbangkan langkah selanjutnya untuk Venezuela

Rabu, 06 Maret 2013 13:33:55 WIB

Monexnews - Kematian Presiden Venezuela kemarin , Hugo Chavez, nampaknya tidak akan berdampak pada industri minyak di Venezuela dan tatanan energi global dalam jangka pendek, tapi dapat menyebabkan perubahan politik yang mungkin kembali membuka industri energi negara tersebut kepada investasi asing.

Kematian Chaves menjadi topik pada pembahasan HIS CERAweek, konferensi terbesar dunia untuk ekskutif bidang energi, di Houston sore kemarin , para peserta berkerumun didepan televisi-televisi, mencari kabar mesa depan politik negara dengan cadangan minyak mentah terbesar ke-2 didunia.

Terlalu cepat mencari dampak kematian Hugo Chaves pada harga minyak , ucap wakil ketua HIS Daniel Yergin. tetapi benar bahwa harga minyak lah yang memungkinkan nya menjadi presiden (mengacu pelemahan harga minyak dunia akhir tahun 1990an) dan (kenaikan harga minyak sejak 2000) memberikan-nya sumber daya finansial untuk menghimpun kekuatan.

Para analis dan peserta yang hadir di konferensi enegri Houston masih belum yakin apa yang akan terjadi setelah negara tersebut mengadakan pemilihan bagi presiden baru. Untuk saat ini wakil presiden Venezuela, Nicolas Maduro, memegang tampuk kepemimpinan dan dilaporkan bahwa angkatan bersenjata negara tersebut memberikan dukungan padanya.

tanpa karisma dan karakteristik Chaves, masih belum jelas bagaimana penerusnya akan mempertahankan sistem yang dibuatnya komentar Yergin.

Para analis berpendapat bahwa iantara para perusahaan minyak , ConocoPhillips dan ExxonMobil dapat memperoleh keuntungan besar dari perubahan rezim di Venesuela, bilamana pemimpin baru mempersilahkan perusahaan-perusahaan minyak asing kembali.

Nasionalisasi pada industri perminyakan Venezuela pada 2007 lalu menyebabkan keluarnya kedua perusahaan tersebut yang tidak dapat mencapai persetujuan dengan perusahaan perminyakan negara PDVSA.

(gsy)


(andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search