Iran Memperingatkan Akan Veto Keputusan OPEC Yang Membahayakannya

Iran Memperingatkan Akan Veto Keputusan OPEC Yang Membahayakannya

Kamis, 20 September 2018 16:12:35 WIB
Iran mengatakan akan memveto setiap keputusan OPEC yang merugikan Republik Islam dan memperingatkan bahwa beberapa produsen minyak mencoba menciptakan forum pemasok alternatif yang mendukung kebijakan AS yang memusuhi pemerintah di Teheran.

Menteri Perminyakan Bijan Namdar Zanganeh mengatakan perjanjian bahwa Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan produsen sekutu yang dicapai pada tahun 2016 untuk memangkas produksi adalah compang-camping, dan komite OPEC yang dijadwalkan untuk bertemu akhir pekan ini di Aljazair tidak memiliki wewenang untuk memberlakukan pengaturan pasokan baru.

"Saya akan memblokir semua keputusan OPEC yang menimbulkan ancaman sekecil apapun terhadap Iran," kata Zanganeh, tanpa menentukan tindakan yang mungkin dia ambil. Setiap keputusan tentang perjanjian produksi baru oleh Komite Pemantauan Bersama Bersama OPEC yang bertemu pada hari Minggu akan "batal" dan "tidak valid," katanya. "Keputusan hanya dapat dibuat pada pertemuan OPEC di hadapan semua anggota OPEC dan berdasarkan konsensus anggota."

Komentar-komentar Zanganeh mencerminkan kekhawatiran Iran di tengah meningkatnya isolasi dalam OPEC dan kampanye pimpinan AS untuk mengekang ekspor minyaknya dengan sanksi. Kemitraan yang berkembang antara saingannya Arab Saudi dan Rusia menunjukkan tanda-tanda yang melemahkan keunggulan OPEC sebagai sumber global minyak mentah. Teheran melihat Arab Saudi, anggota terbesar kelompok itu, bersekongkol dengan produsen lain untuk mencuri pangsa pasarnya. Pada saat yang sama, sekutu tradisional Iran dalam OPEC - Venezuela - berjuang untuk mencegah keruntuhan ekonomi.

(Ahmad)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search