Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok Menopang Kenaikan Harga Minyak Ke $58.60/Barel

Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok Menopang Kenaikan Harga Minyak Ke $58.60/Barel

Kamis, 16 Januari 2020 22:50:40 WIB
Harga minyak bergerak naik pada hari Kamis (16/1) hingga mencapai level $58.60 per barel karena dipicu oleh kesepakatan dagang fase pertama antara AS dengan Tiongkok yang berikan dampak positif ke pasar, meskipun kenaikan terbatas setelah International Energy Agency (IEA) mengatakan bahwa mereka perkirakan produksi minyak akan lebih banyak dari permintaan.

Di dalam kesepakatan dagang fase pertama, Tiongkok berkomitmen untuk membeli minyak, gas alam cair dan produk energi lainnya dari AS untuk senilai lebih dari $50 miliar untuk dua tahun kedepan.

Narasumber dan analis yang mengetahui kesepakatan dagang mengatakan bahwa Tiongkok mungkin perlu berjuang untuk memenuhi target, dan kenaikan dalam harga minyak mungkin terbatas sampai lebih banyak rincian yang tersedia tentang bagaimana komitmen akan dipenuhi.

Dalam catatannya, International Energy Agency mengatakan bahwa melonjaknya produksi minyak dari negara-negara non-OPEC yang bersamaan dengan melimpahnya cadangan minyak global akan membantu pasar di tengah guncangan politik seperti konfrontasi antara AS dengan Iran.

IEA juga mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan produksi akan melampaui permintaan minyak dari Organzation of the Petroleum Exporting Countries (OPEC), meskipun jika anggota mereka sepenuhnya patuh terhadap perjanjian dengan Rusia dan sekutu non OPEC juga membatasi produksi.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search