Kisruh Ukraina Lambungkan Komoditas Dunia

Kisruh Ukraina Lambungkan Komoditas Dunia

Selasa, 04 Maret 2014 14:27:52 WIB

Monexnews - Bertambahnya minat investor terhadap emas maupun minyak membuat produk komoditas dunia kini mencatat penguatan ke level tertinggi sejak September lalu terutama akibat gejolak politik yang terjadi di negara Ukraina.

Pasalnya, kisruh politik antar negara tetangga tersebut telah mendongkrak daya tarik aset-aset save haven karena terpicu oleh kekhawatiran bahwa pasokan energi dan pertanian akan terganggu. Kendati tidak berpotensi mengganggu pasokan minyak Rusia, namun hal itu telah memaksa para investor untuk beralih dari aset-aset beresiko seperti saham. Ketegangan di semenanjung Crimea - Ukraina, justru memicu kekhawatiran terhadap gangguan pasokan gas alam dari Rusia ke Eropa, yang pada gilirannya akan mendorong permintaan terhadap bahan bakar alternatif seperti minyak pemanas. Sekitar 25% kebutuhan gas Uni Eropa dipasok oleh Rusia, dimana setengah diantaranya disalurkan melalui negara Ukraina. Namun Rusia juga menjadi salah satu produsen minyak terbesar di dunia sehingga para pembeli maupun pedagang kini merasa khawatir pasokan mereka akan terganggu jika konflik Ukraina terus meningkat. Menurut data yang dikalkulasi oleh Standard & Poor GSCI Spot Index (SPGSCI), sebanyak 24 bahan baku mengalami kenaikkan hingga 2,1% ke level 663,48 kemarin, merupakan level tertinggi sejak 9 September lalu. Diantara produk komoditas tersebut yang menguat yaitu minyak mentah melejit hingga 2,6%, gandum melonjak 7%, dan harga emas rally 2,5%. Sedangkan harga jagung dan bensin juga ikut naik. Sedangkan harga emas di pasar berjangka sempat mencapai level $1355/troy ons pada Senin kemarin, sekaligus mencatat level tertinggi sejak 30 Oktober lalu. Logam mulia tersebut memang sudah rally pada bulan Januari dan Februari, dan merupakan penguatan bulanan pertama sejak Agustus tahun silam. Hingga sesi siang (Selasa, 4/3) minyak mentah berjangka dunia (CLJ4) tercatat masih melonjak lebih dari 1% atau naik $1.3 ke level 104.02/barrel. Sementara harga emas berjangka dunia juga tercatat melonjak hingga lebih dari 1,7% menuju level kisaran 1352.21.


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search