Minyak Melompat Mengharapkan Peningkatan Permintaan

Minyak Melompat Mengharapkan Peningkatan Permintaan

Rabu, 13 Mei 2015 04:52:18 WIB

Monexnews - Minyak mentah reli tajam setelah OPEC dan lembaga EIA dari AS memprediksi peningkatan permintaan di tahun ini serta ditopang Dollar yang melemah terhadap pasangan mata uangnya. Menjelang akhir sesi Eropa, OPEC mempublikasikan laporan bulanannya. OPEC kini memprediksi permintaan minyak global akan bertumbuh dari 1,17 juta barel per hari menjadi 1,18 juta barel per hari di tahun ini seiring potensi pulihnya perekonomian zona Euro.

Sementara itu, EIA dalam laporan bulanan Proyeksi Energi Jangka Pendek (STEO) kini memprediksi konsumsi global akan tumbuh 1,2 juta barel per hari di tahun 2015 dan 1,3 juta barel per hari di tahun 2016. Proyeksi pertumbuhan konsumsi global direvisi lebih tinggi dibandingkan laporan STEO bulan lalu sebesar 0,2 juta barel per hari untuk tahun 2015 dan 2016, berkat harga minyak yang rendah mampu memicu pertumbuhan permintaan yang lebih tinggi dari prediksi sebelumnya.

Peningkatan permintaan menjadi kabar baik bagi pasar minyak.

Harga minyak sempat merosot lebih dari 50% sejak pertengahan tahun lalu. Harga minyak yang tinggi sebelum pertengahan 2014 membuat perusahaan menggenjot aktivitasnya dan memproduksi minyak mentah yang akhirnya kesulitan diserap pasar di tengah perlambatan perekonomian global. Kini beban tingginya biaya produksi membuat perusahaan membatasi produksi dan akhirnya menurunkan persediaan minyak dan pemulihan perekonomian membuat investor mengharapkan perdagangan minyak dapat kembali berimbang antara persediaan dan permintaan.

American Petroleum Institute (

API) melaporkan persediaan minyak mentah di AS turun 2 juta barel menjadi 481,9 juta barel pada pekan yang berakhir tanggal 8 Mei. Penurunan ini berbeda dengan prediksi analis yang disurvei Reuters yaitu penambahan 400.000 barel. Selanjutnya pasar akan menantikan konfirmasi penurunan dari data yang dikumpulkan EIA pada hari Rabu yang diperkirakan akan turun 100.000 barel selama pekan lalu. (YS)


(YS)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search