OPEC: Suplai Minyak Cukup Untuk Saat Ini

OPEC: Suplai Minyak Cukup Untuk Saat Ini

Selasa, 10 September 2013 20:38:52 WIB

Monexnews - OPEC mengatakan pasar minyak dunia memiliki suplai yang cukup banyak kendati adanya penurunan pada output di Libia dan memperkirakan adanya penurunan lebih dalam pada market share minyak miliknya di tahun 2014 akibat kenaikan suplai dari AS dan negara lain di luar grup. Penutupan output minyak di Libia untuk kedua kalinya dalam 2 tahun dan prospek agresi militer AS terhadap Suriah mendorong harga minyak mentah jenis Brent ke level tinggi 6 bulan pada akhir Agustus.

Dalam laporan bulanan,

Organization of the Petroleum Exporting Countries mengatakan meski adanya sejumlah penurunan pada suplai yang telah memberikan tekanan naik pada harga minyak, suplai minyak pada negara berkembang OECD masih dapat memenuhi permintaan hampir selama 2 bulan ke depan.

"Suplai OECD berada pada level nyaman 58.5 juta barel per hari," menurut laporan. "Data ini berada di atas level normal historikal dan memberikan konfirmasi bahwa suplai pada pasar masih cukup untuk saat ini." Komentar ini adalah pernyataan pertama OPEC terhadap dampak keresahan di Libia terhadap pasar minyak, yang telah mengurangi suplai minyak global lebih dari 3 juta barel per hari, sekitar 3.5% dari tingkat permintaan minyak global. International Energy Agency, yang ketika perang sipil Libia tahun 2011 memerintahkan pengucuran cadangan minyak strategisnya, memiliki pandangan yang serupa dengan OPEC kali ini, pada tanggal 29 Agustus lalu mengatakan bahwa suplai pada pasar minyak cukup memadai.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search