Rekor Terendah 2018 Harga Minyak Melemah Hingga 33%

Rekor Terendah 2018 Harga Minyak Melemah Hingga 33%

Jum'at, 23 November 2018 20:50:54 WIB

Harga minyak mentah lanjutkan pelemahannya untuk membentuk level terendah baru sepanjang tahun 2018. Pelemahan yang terjadi sepanjang bulan November ini (bahkan sudah terjadi sejak bulan Oktober) membukukan rekor pelemahan tertajam sejak hampir 2014. Padahal ada wacana bahwa OPEC akan memangkas outputnya.

Yang menjadi kekhawatiran utama adalah oversuplai yang terjadi di AS yang sudah tumbuh sangat cepat. Penambahan suplai minyak AS ini dinilai tidak seimbang dengan outlook permintaan minyak mentah secara global.

International Energy Agency (IEA) memberikan ekspektasi bahwa suplai minyak dari negara non-OPEC saja bisa bertambah mencapai 2,3 juta barel per hari sepanjang tahun 2018. Padahal permintaan minyak pada tahun 2019 saja diekspektasinya hanya 1,3 juta bare per hari.

Wacana pemangkasan output minyak dari OPEC memang baru bisa dibahas pada pertemuan OPEC pada 6 Desember mendatang. Rencananya pemangkasan output bisa mencapai 1,4 juta barel per hari. Hal ini dilakukan untuk bisa menyeimbangkan antara permintaan dan suplai.

Hingga pukul 20.44 WIB harga minyak mentah WTI berada di level $50.80 per barel. Membukukan pelemahan hingga 33% sepanjang bulan Oktober-November dari level tertinggi $76.88 per barel pada 3 Oktober 2018.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search