Rusia Perpanjang Program Pemangkasan Output Hingga Mei

Rusia Perpanjang Program Pemangkasan Output Hingga Mei

Selasa, 05 Februari 2019 20:51:50 WIB

Rusia dikabarkan akan memperpanjang pengetatan output minyak hingga bulan Mei, ini melanjutkan program dari yang sudah disepakati oleh OPEC. Mengutip Bloomberg, Menteri Energy Rusia Alexander Novak mengatakan bahwa hal ini akan terus dilakukan sejak bulan Oktober 2018 lalu Rusia sudah memangkas produksi minyaknya hingga 228 ribu barel per hari. Meski begitu, alasan dibalik perpanjangan kebijakan ini tidak dijelaskan oleh Novak secara gamblang.

Perhitungan yang dilakukan oleh Bloomberg memperlihatkan bahwa sepanjang bulan Januari Rusia hanya memproduksi minyak sekitar 11.376 juta barel per hari. Angka tersebut sudah menurun sekitar 42 ribu barel per hari dibandingkan bulan Oktober.

Di tengah kekhawatiran oversupply dan prospek perekonomian global yang melambat, OPEC memang sudah menjalankan program pemangkasan produksi sebagai upaya menyeimbangkan persediaan dan permintaan. Salah satu yang dikhawatirkan adalah semakin tingginya produksi minyak dari AS yang bahkan jumlahnya sudah melebihi angka produksi Rusia dan Arab Saudi.

Sejak program pemangkasan produksi minyak yang diawali Januari 2019, harga minyak terlihat sudah mulai naik ke level $55 per barel dari level terendah yang pernah disentu pada Desember lalu di $45.52 per barel.

Hari ini, pukul 20.49 WIB harga minyak berada di level $54.09 per barel.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search