Turunnya Ekspor Minyak Arab Saudi Bebani Harga Minyak

Turunnya Ekspor Minyak Arab Saudi Bebani Harga Minyak

Senin, 20 Juli 2015 22:59:54 WIB

Monexnews - Harga minyak beranjak turun pada hari Senin setelah data menunjukkan tingkat ekspor minyak Arab Saudi turun ke level terendah dalam 5 bulan kendati output berada di rekor tinggi, sementara penambahkan pada aktivitas pengeboran di AS pada awal bulan ini nampak memudar. Harga minyak berjangka Brent dan WTI mencetak penurunan mingguan ketiga pekan lalu dalam ekspektasi bertambahnya ekspor minyak dari Iran menyusul kesepakatan yang mencabut sanksi terhadap salah satu produsen OPEC tersebut. Tingkat ekspor minyak Arab Saudi anjlok di bulan Mei menuju level terendah sejak Desember, dengan data menunjukkan pengiriman minyak harian berada pada 6.935 juta barel per hari, dibandingkan dengan 7.737 juta barel per hari di bulan April. Penurunan tersebut terjadi kendati output berada di rekor tinggi pada lebih dari 10 juta barel per hari seiring Arab Saudi menjadi salah satu pusat kilang minyak terbesar.

Di Amerika Serikat, jumlah rig minyak bertambah pekan lalu, menurut laporan dari Baker Hughes. Menurut analis Goldman Sachs, jika WTI dapat kembali ke level seperti bulan lalu di sekitar $60 per barel, produsen di AS akan menambah aktivitas pengeboran, mengingat kembali laba dengan biaya turun hampir 30% dan produsen nampak cukup nyaman dengan kondisi perekonomian saat ini. Schlumberger mengatakan bahwa pihaknya yakin adanya kenaikan tingkat permintaan pada kuartal selanjutnya untuk layanan kilang minyak di Amerika Utara, pasar yang masih belum terpukul oleh penurunan tajam harga minyak. Menurut Goldman Sachs, aktivitas pengeboran saat ini mengindikasikan produksi minyak AS akan bertumbuh hanya sekitar 100,000 barel per hari di tahun 2016. Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan dirinya akan bertemu dengan sekjen OPEC Abdullah al-Badri di Moskow tanggal 30 Juli nanti untuk mendiskusikan pasar minyak dan situasi di Iran.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search