Uni Eropa Setuju Untuk Memperlonggar Sanksi Iran

Uni Eropa Setuju Untuk Memperlonggar Sanksi Iran

Selasa, 21 Januari 2014 05:14:37 WIB

Monexnews - Uni Eropa pada hari Senin menyetujui pelonggaran sanksi terhadap Iran, menyusul konfirmasi badan atom PBB yang menegaskan jika Teheran telah mulai mengurangi aktivitas program nuklir kontroversial. Kemajuan ini menjadi sebuah langkah awal untuk menerapkan kesepakatan interim pembatasan program nuklir Iran.

Langkah tersebut juga menandai dimulainya perjanjian 6 bulan yang bertujuan untuk membuka jalan menuju resolusi akhir dari kebuntuan negosiasi nuklir Iran yang telah berumur satu dekade.

Badan pengawas nuklir PBB dan media resmi pemerintah Iran mengatakan bahwa Teheran telah memenuhi komitmennya untuk menghentikan pengayaan uranium yang dinilai sebagai aktivitas paling berbahaya oleh AS dan sekutunya. Iran juga kembali menegaskan jika program nuklir mereka sepenuhnya bertujuan untuk pengembangan sumber daya

energi dan penggunaan medis.

Sebelumnya, kesepakatan awal antara Iran dan 6 kekuatan utama dunia yang tercapai di Jenewa pada 24 November silam mengharuskan Iran untuk menangguhkan aktivitas vital dalam program pengembangan nuklirnya dengan imbalan pengurangan beberapa sanksi energi, keuangan dan

transportasi. Baik pemerintah Iran maupun blok Barat sendiri berharap resolusi akhir dari negosiasi nuklir ini akan dapat terselesaikan dalam 6 bulan.

Harga

minyak mentah untuk kontrak pengiriman bulan Februari ditutup melemah sekitar 0,25% dalam sesi perdagangan hari Senin yang dipercepat, terkait libur Martin Luther King Jr. Day di AS. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search