3 Alasan yang Membuat GBPUSD Kembali Tembus ke Bawah 1.3000

3 Alasan yang Membuat GBPUSD Kembali Tembus ke Bawah 1.3000

Selasa, 05 Februari 2019 23:09:20 WIB

GBPUSD melemah tajam ke level 1.2937 dari level tertinggi hariannya di level 1.3151. Pasangan ini harus kembali menembus ke bawah level psikologis 1.3000. Berikut 3 katalis yang membuat GPBUSD terus memperlihatkan pelemahannya selama pekan lalu.

1. Aktivitas Sektor Jasa Inggris Menurun

Hari ini data aktivitas sektor jasa Inggris selama bulan Januari dirilis lebih rendah dari ekspektasi di angka 50.1, di bawah ekspektasi 51.1 dan lebih rendah dibandingkan bulan Desember 2018 di angka 51.2. Rilis data tersebut menjadi faktor dan katalis penggerak utama saat pasar perdagangan Eropa dibuka.

2. Prospek Positif dari Dollar

Pasca rilis data non-farm payroll (NFP) AS pekan lalu, dollar memang masih terlihat solid. Pasalnya rilis data tenaga kerja AS sepanjang bulan Desember 2018 ternyata bertambah di atas ekspektasi. Meski shutdown sebagian pemerintah AS sempat membuat kekhawatiran para pelaku pasar. Melihat solidnya data NFP AS, mulai muncul kembali ekspektasi bahwa The Fed bisa saja menaikkan suku bunga acuannya di tahun 2019. Seperti proyeksi awal, setidaknya The Fed kemungkinan bisa menaikkan suku bunga dua kali lagi setelah secara agresif menaikkan suku bunga hingga empat kali di tahun 2018.

3. Tarik Ulur Brexit
Brexit masih menjadi katalis utama yang menekan pergerakan GBPUSD. Ireland Border masih menjadi permasalahan utama yang membuat Brexit seperti belum mempunyai titik terang. Padahal Inggris sudah mendekati tenggat waktu untuk segera keluar dari Uni Eropa, yaitu tangga 29 Maret mendatang.

Upaya untuk menghindari "hard border" nampaknya masih akan diupayakan oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May. Hari Kamis mendatang (7/02) May dilaporkan akan bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker di Brussels untuk membicarakan kembali tentang Perbatasan Irlandia. Padahal pihak Uni Eropa sebelumnya sempat mengatakan bahwa tidak ada lagi negosiasi mengenai Brexit.


Pukul 23.05 WIB GBPUSD berada di level 1.2942 melemah hingga 92 pip dari level penutupan pada perdagangan Senin.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search