Angka Pengangguran Menurun Drastis, Prospek Pengetatan Moneter The Fed Semakin Nyata

Angka Pengangguran Menurun Drastis, Prospek Pengetatan Moneter The Fed Semakin Nyata

Kamis, 19 Juli 2018 21:39:09 WIB
Kekuatan greenback atau indeks dollar masih lanjutkan penguatannya hingga hari ini dan berada di area level tertinggi setahun. Investor masih merespon pernyataan hawkish dari Chairman The Fed Jerome Powell pada hari Selasa lalu terkait outlook kenaikan suku bunga hingga akhir tahun 2018 ini.

Dua kali memberikan testimoni di depan senat dan kongres, Powell masih bersikukuh bahwa pihaknya optimis terhadap perekonomian AS yang sangat sulit. Sehingga pengetatan moneter dengan menaikkan suku bunga menjadi jalan yang tepat untuk dilakkan.

Pukul 19.30 WIB tadi pasar dikejutkan dengan rilis data pengangguran AS yang mencapai rekor terendah selama 48 tahun atau sejak tahun 1969. Selama sepekan yang berakhir pada 14 Juli lalu, angka pengangguran AS berkurang tajam hingga 8000 dengan jumlah hingga kini menjadi 207.000. Data tersebut dirilis lebih rendah dari eskpektasi bahwa angka pengangguran AS akan bertambah menjadi 220.000.

Melihat data tersebut prospek penguatan dollar dan pengetatan moneter diprediksi akan tetap dijalankan. Hal tersebut dapat menjadi sentimen positif bagi dollar dan sentimen negatif bagi mata uang utama dunia lainnya.

Hingga pukul 21.37 WIB indeks dollar masih berada di area level tertinggi di angka 95.38.
(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search