Aussie Anjlok Tajam Seiring Antisipasi Rate Cut RBA

Aussie Anjlok Tajam Seiring Antisipasi Rate Cut RBA

Rabu, 27 April 2016 17:27:20 WIB

Monexnews -

Mata uang Aussie dollar anjlok tajam akibat laju inflasi Australia dirilis secara mengejutkan lebih lemah dibanding perkiraan, sehingga pairing AUDUSD melemah lebih dari -1.86% diperdagangkan di level 0.7602, setelah meraih titik tertinggi intraday di 0.7764 dan level terendah hariannya di 0.7602.

Laju inflasi Australia dilaporkan lebih lemah di -0.2% dibawah estimasi 0.2%, sementara laju inflasi CPI tahunan melemah ke 1.3% dibawah perkiraan 1.7% dan jauh dibawah target bank sentral RBA di 2 persen.

News seperti ini tentunya menyebabkan Aussie anjlok mendekati level psikologis 0.7600 akibat antisipasi para investor pada pemangkasan suku bunga RBA di bulan Mei. Inflasi yang secera mengejutkan lebih lemah membuka peluang pelonggaran moneter lebih lanjut oleh RBA, namun data di Q1 kemungkinan terdistorsi juga oleh penguatan Aussie

Dollar dan level harga minyak yang sangat rendah.

Dengan level minyak saat ini berada di level $45 per barrel dan telah rebound sebesar 60% dari level terendahnya maka efek dari lemahnya biaya energinya seharusnya dapat mulai memudar di data ekonomi Q2. Selain itu final demand Australia tidak merosot dramatis dalam beberapa bulan terakhir, sehignga faktor tersebut kemungkinan turut menjadi pertimbangan bagi RBA pada rapat moneter berikutnya di bulan Mei.

Secara keseluruhan RBA masih enggan memangkas suku bunga seiring dengan kondisi ekonomi yang lesu dan para pemangku kebijakan kemungkinan masih menunggu situasi yang lebih buruk sebelum akhirnya dapat melonggarkan suku bunga acuan.

(Sap)


(Sap)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search