Aussie Nantikan Data Ekonomi China dan Australia

Aussie Nantikan Data Ekonomi China dan Australia

Jum'at, 01 Mei 2015 06:35:08 WIB

Monexnews - Naiknya inflasi serta rebound harga bijih besi, membuat spekulasi pemangkasan suku bunga oleh Reserve Bank of Australia (RBA) sedikit mereda dalam beberapa hari sebelumnya, dan membuat nilai tukar aussie rally ke level tertinggi 3 bulan. Data yang dirilis oleh biro statistik Australia pada hari Kamis menunjukkan penurunan 0,2% harga impor di kuartal pertama tahun ini, mematahkan ekspektasi kenaikan 1,1%. Spekulasi pemangkasan suku bunga saat rapat kebijakan moneter RBA pekan depan kembali muncul dan membuat aussie merosot dalam dua hari terakhir.

Setelah mengejutkan pasar dengan memangkas suku bunga pada bulan Februari lalu, RBA pada bulan Maret dan April tetap mempertahankan suku bunga sebesar 2,25%. Namun dalam dua bulan tersebut, RBA tidak memberikan proyeksi mengenai kondisi ekonomi dan inflasi. Proyeksi terbaru akan diberikan pada pekan depan. Sinyal dovish dari negara tetangga, Selandia Baru, yang membuka peluang penurunan suku bunga, turut menaikkan ekspektasi RBA juga akan mengambil langkah yang sama, untuk memacu perekonomian Negeri Kangguru tersebut. Pada hari ini, fokus pelaku pasar tertuju pada mitra dagang utama Australia, China, yang akan melaporkan data aktivitas manufaktur bulan April. Sebelumnya data dari HSBC menunjukkan aktivitas manufaktur China berkontraksi dua bulan beruntun, dan semakin dalam di bulan April. Data dari pemerintah China yang menggunakan sampel lebih besar dari HSBC akan dirilis pagi ini. Sementara dari dalam negeri Australia akan dirilis data indeks harga produsen kuartal pertama, para ekonom memberikan perkiraan kenaikan 0,2%, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang naik 0,1%. AUDUSD pada perdagangan Kamis merosot 1,47%, dan berakhir dikisaran 0.7904. Sementara pagi ini diperdagangkan dikisaran 0.7901 pada pukul 06.29 WIB (

platform Monex Trader). (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search