Data Ekspor-Impor China Bebani Pergerakan AUDUSD

Data Ekspor-Impor China Bebani Pergerakan AUDUSD

Senin, 14 Januari 2019 19:05:21 WIB

Setelah AUDUSD membukukan penguatan selama tiga hari beruntun, hari ini penguatan tersebut terkoreksi dan tertekan karena rilis data ekonomi China yang mengecewakan para pelaku pasar. Hari ini level terendah yang sempat disentuh AUDUSD di area level 0.7175.

Sentimen risk aversion dari data ekonomi China menjadi sentimen pelemahan dollar Australia. Pagi tadi, China merilis data ekspor-impor mereka. Tercatat pertumbuhan ekspor China melambat hingga 4,4% selama tahun 2018. Angka tersebut merupakan angka terendah selama dua tahun terakhir. Sedangkan angka pertumbuhan impor selama setahun juta melambat hingga 7,6% dan merupakan angka terendah sejak Juli 2016.

Rilis dua data tersebut memberikan kejutan kepada para pelaku pasar, pasalnya rilis angka sangat jauh dari ekspektasi. Kekhawatiran perlambatan ekonomi di China pasca aturan tarif impor dari AS tampaknya kembali menyelimuti sentimen pasar. Kurs yuan terhadap dollar juga tercatat melemah hingga 1,5% pada pekan lalu dan ini merupakan reli pelemahan yang cukup dalam sejak Januari 2017.

Meski begitu, data neraca perdagangan China tercatat bertambah hingga $57.06 milyar selama bulan Desember.

Hingga pukul 19.03 WIB pelemahan AUDUSD terpangkas dari level terendah hari ini dan berada di level 0.7195.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search