Data Jerman Jerumuskan Euro

Data Jerman Jerumuskan Euro

Rabu, 06 Agustus 2014 15:15:20 WIB

Monexnews - Euro anjlok ke level terendah dalam 9 bulan pada hari Rabu, memperpanjang penurunannya pasca data yang dirilis menunjukkan penurunan tajam pada tingkat pesanan industri Jerman, sementara dollar Selandia Baru juga terpukul oleh penurunan harga produk olahan susu. Salah satu trader di Singapura mengatakan aksi hindar resiko oleh investor dalam kecemasan mengenai ketegangan di Ukraina membantu menopang nilai tukar dollar secara luas, dan menekan euro. Euro melemah setelah data menunjukkan bahwa tingkat pesanan industri Jerman di bulan Juni mencetak penurunan bulanan terbesar sejak September 2011 seiring perkembangan resiko geopolitik membuat perusahaan lebih hati-hati dalam mengambil kontrak baru. Hal tersebut membantu melambungkan dollar ke level tertinggi baru dalam 11 bulan terhadap sejumlah mata uang utama. Dollar juga terdukung oleh data pada hari Selasa lalu yang menunjukkan aktivitas sektor jasa AS mencapai level tinggi 8-1/2 tahun bulan lalu dan tingkat pesanan pabrik melejit di bulan juni, menguatkan ekspektasi solidnya tingkat pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga.

Kita kembali ke dalam trend jangka menengah, yang mana bullish untuk dollar, ucap Jesper Bargmann, kepala bagian perdagangan Nordea Bank di Singapura. Dari waktu ke waktu euro kemungkinan akan melemah terhadap dollar, akibat divergence pada outlook kebijakan moneter Amerika Serikat dan Zona euro, ucapnya. Bargmann mengatakan bahwa sementara pasar sudah mengambil posisi short terhadap euro, ia memperkirakan posisi bearish tersebut dapat bertambah banyak. Selain pertemuan kebijakan European Central Bank pada hari Kamis, fokus akan tertuju pada data ekonomi AS yang akan dirilis dan apakah data tersebut cukup kuat untuk memajukan ekspektasi pasar terhadap waktu kenaikan suku bunga oleh the Fed, tambahnya.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search