Data Menunjukkan Pertumbuhan Bisnis Melambat, EURUSD Melemah Tajam

Data Menunjukkan Pertumbuhan Bisnis Melambat, EURUSD Melemah Tajam

Rabu, 24 Oktober 2018 17:24:12 WIB

EURUSD melemah tajam pasca rilis data indeks manufaktor dan sektor jasa zona euro versi PMI lebih buruk dari perkiraan. Dampaknya EURUSD melemah hingga membentuk level terendah harian di level 1.1403.

Dari sektor manufaktur, angka indeks dirilis 52.1 lebih rendah dari perkiraan 53.0. Indeks sektor jasa dirilis 53.3 lebih rendah dari perkiraan 54.5. Dari rilis dua angka ini, zona euro membukukan perlambatan pertumbuhan bisnis zona euro dalam dua tahun pada bulan Oktober. Salah satu hal yang disoroti dari dampak perlambatan tersebut adalah kembali pada perang dagang yang dieskalasikan oleh AS.

Data tersebut seperti mengamini kekhawatiran bahwa eskalasi perang dagang akan sangat memengaruhi perekonomian global tidak hanya antara AS dan China saja.

Rilis data tersebut semakin menambah katalis negatif bagi mata uang euro. Pasalnya, permasalahan anggaran Italia yang ditolak oleh Komisi Eropa juga masih menjadi persoalan. Bahkan permasalahan tersebut akan mengintervensi kebijakan European Central Bank (ECB) yang diperkirakan kemungkinan menaikan suku bunga acuan pada tahun 2019 mendatang.

Besok (Kamis, 25/10), ECB dijadwalkan akan mengumumkan kebijakan moneternya beserta outlook kebijakan selanjutnya.

Hingga pukul 17.21 WIB EURUSD masih dalam tekanan dan diperdagangkan di level 1.1403.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search