Dollar AS Lanjutkan Penguatan Didukung Data Tenaga Kerja yang Kuat

Dollar AS Lanjutkan Penguatan Didukung Data Tenaga Kerja yang Kuat

Senin, 05 November 2018 17:02:35 WIB

Dollar AS bertahan kuat terhadap mata uang pesaing lainnya pada hari Senin karena laporan pekerjaan AS Jumat yang kuat mendukung ekspektasi untuk suku bunga yang lebih tinggi. Selain itu, investor mempertimbangkan risiko dari ketegangan perdagangan yang meningkat dan risiko geopolitik sehingga menguntungkan dollar sebagai safe haven.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama, berada di 96,54, naik 0.15% menjelang pukul 17.00 WIB.

Dollar tetap menguat, melanjutkan penguatan akhir pekan setelah Departemen Tenaga Kerja melaporkan bahwa pertumbuhan pekerjaan AS non pertanian (Non Farm Payroll) mengalami rebound tajam pada bulan Oktober dan pertumbuhan upah dipercepat pada laju tercepat dalam lebih dari sembilan tahun.

Selama Oktober lalu terjadi penambahan tenaga kerja di sektor non pertanian sebanyaj 250 ribu orang, jauh melebihi estimasi 194 ribu dan juga bulan September 118 ribu.

Laporan itu menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja terus mengetat, menekankan peluang Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga lagi tahun ini di pertemuan Komite Pasar Terbuka The Fed (FOMC) bulan depan.

The Fed akan memulai pertemuan dua hari pada hari Rabu pekan ini namun pasar mengantisipasi tidak ada perubahan suku bunga karena mereka menerkanya baru dilakukan di pertemuan pada bulan Desember.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search