Dollar AS Menguat di Tengah Kekhawatiran Hubungan AS dan Mitra Dagangnya

Dollar AS Menguat di Tengah Kekhawatiran Hubungan AS dan Mitra Dagangnya

Selasa, 04 September 2018 10:52:04 WIB

Dollar menguat di tengah kekhawatiran pasar terhadap langkah Amerika Serikat yang keras terhadap Kanada. Ketakutan akan terjadinya kemerosotan pertumbuhan global dari kebijakan proteksi 'America First' ala Presiden AS Donald Trump telah membuat pasar dalam keadaan kecemasan yang meningkat untuk sebagian besar tahun ini.

Pada hari Sabtu, Trump mengatakan tidak perlu untuk mempertahankan Kanada dalam Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dan memperingatkan Kongres untuk tidak ikut campur dalam pembicaraan untuk merubah NAFTA atau dia akan mengakhiri perjanjian perdagangan trilateral.

Ada beberapa titik pelik utama perselisihan antara Kanada dan AS, khususnya pada masalah hak kekayaan intelektual, kontrol impor Kanada pada produk susu, dan Bab 19 dalam NAFTA asli, yang menentukan bagaimana kedua negara menyelesaikan sengketa perdagangan terkait anti-dumping dan countervailing duties. Bab 19 memungkinkan panel independen untuk meninjau dan menyelesaikan sengketa perdagangan ini dan bukannya dengan pengadilan domestik.

AS ingin membatalkan Bab 19, tetapi Kanada tidak, dan sebelumnya telah mempertimbangkan Bab 19 sebagai "garis merah."

Selain dengan Kanada, hubungan AS dan China malah memanas dengan target Trump memberlakukan tarif impor pada barang asal China senilai $200 miliar di pekan ini.

Indeks dollar AS diperdagangkan di 95.24, bertambah 0.10 poin atau naik 0.11%


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search