Dollar AS menguat karena FOMC Minutes, Pasar Tunggu Jackson Hole

Dollar AS menguat karena FOMC Minutes, Pasar Tunggu Jackson Hole

Kamis, 22 Agustus 2019 10:22:41 WIB
Notula (Minutes) rapat Bank Sentral Amerika Serikat (FOMC) yang dirilis Kamis (22/8) dinihari tadi, tidak menunjukkan ketergesaan the Fed untuk memangkas suku bunga. Hal ini mendorong penguatan dollar AS terhadap mata uang utama dunia.

Dengan nada notula rapat yang tidak dovish, dollar AS tidak jadi melemah. Indeks dollar AS saat ini masih berada di atas 98.00. EURUSD bergerak di bawah level 1.1090. GBPUSD bergerak di bawah 1.2130.

Dalam notula rapatnya disebutkan bahwa pemangkasan yang dilakukan pada akhir Juli kemarin dimaksudkan sebagai penyesuaian kuartalan tingkat suku bunga acuan menghadapi situasi ekonomi terbaru.

Bank sentral mengakui bahwa ada situasi pelambatan ekonomi global dan dampak negatif dari perang dagang. Namun demikian, para pejabat the Fed yang menginginkan tingkat suku bunga acuan tidak berubah mengatakan bahwa ekonomi AS masih cukup solid.

Notula rapat ini memberikan indikasi bahwa the Fed tidak akan terburu-buru memangkas suku bunga acuannya lebih dalam. The Fed akan tetap mempertimbangkan data-data ekonomi terbaru ke depannya dalam mengambil keputusan.

Perhatian pasar beralih ke pertemuan para pejabat bank sentral global di Jackson Hole, AS. Pasar menunggu pernyataan dari kepala bank sentral berpengaruh seperti Gubernur Bank Sentral AS, untuk mengetahui indikasi kebijakan moneter ke depan. Jackson Hole akan berlangsung selama tiga hari ke depan yang akan dimulai Hari Kamis ini (22/8) waktu AS.
(art)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search